Mengenal 4 Jenis Dokumen Pengiriman Barang

Demi menunjang kelancaran pengiriman barang, dokumen menjadi penting agar memudahkan dalam proses administrasi. Nah, tahukah Anda ternyata ada cukup banyak dokumen yang diterbitkan dalam proses pengiriman barang.

Mengenal Dokumen Pengiriman Barang
Mengenal Dokumen Pengiriman Barang

Berikut adalah 4 jenis dokumen yang perlu Anda tahu ketika melakukan pengiriman barang :

Shipping Intruction (SI)

Dokumen ini sebagai bukti sekaligus intruksi dari pengirim kepada perusahaan ekspedisi cargo untuk melakukan pengiriman barang. Dokumen ini berisi detail pengiriman, seperti : nama pengirim dan penerima, alamat pengirim dan penerima, jumlah koli, dan jenis barang.

Packing List

Dokumen ini memuat data barang yang dikirimkan, yaitu meliputi : jenis barang, jumlah barang, berat barang, dan ukuran barang.

Invoice

Dokumen ini memuat tagihan yang harus dibayarkan oleh pengirim kepada perusahaan ekspedisi cargo. Dalam dokumen ini, memuat berat barang, asuransi, tarif per kg, dan total biaya yang harus dibayarkan.

Airwaybill

Merupakan surat jalan yang disediakan oleh perusahaan jasa ekspedisi cargo. Airwaybill pada Himeji Express difungsikan sebagai resi pengiriman yang memuat data, seperti : nomor resi, data pengirim, data penerima, berat barang, tarif per kg, tanggal transaksi, tanda tangan pengirim, tanda tangan penerima, dan tanda tangan admin pengiriman.

Dokumen-dokumen di atas, selalu dibutuhkan saat pengiriman paket berupa barang maupun dokumen. Namun, Himeji Express hanya melayani paket, tidak melayani pengiriman dokumen.

Himeji Express melayani ekspedisi Surabaya, Jakarta, Makassar, Bandung, Denpasar, dan kota-kota besar di berbagai daerah di Indonesia.

Ada yang bisa kami bantu ?

Kami ingin membantu Anda. Silahkan kirim pesan kepada kami...

Customer Service

SALES

Online

Customer Care

LACAK PAKET

Online

SALESNo. HP : 0811 3 5151 52

Ada yang bisa kami bantu ? 00.00

LACAK PAKETNo HP : 081 235 582 049

Ada yang bisa kami bantu ? 00.00